Peningkatan Kompetensi Guru Ma’arif melalui Pelatihan Media Interaktif Google Sites di MINU al-Istiqamah

Penulis

  • Maulidia Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rosyida Rahmatul Haq Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Moch. Alfin Khoirudin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Malik Karim Amrullah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Kata Kunci:

Pelatihan, Media Belajar, Google Sites, Mutu Guru

Abstrak

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para guru madrasah di bawah LP Ma'arif Kab. Malang dalam menciptakan lingkungan belajar interaktif yang efektif dan menarik dengan menggunakan website Google; Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 20 Mei 2023 di MI Al Istiqomah Kabupaten Malang. Guru yang mengikuti pelatihan ini diharapkan memiliki kemampuan merancang dan menyiapkan konten pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai elemen interaktif seperti gambar, video, dan tautan eksternal ke dalam proses pembelajaran. media yang mereka buat. Kegiatan ini diikuti oleh 15 pengajar yang dilatih dalam menciptakan lingkungan belajar yang interaktif menggunakan Google Sites. Pelatihan dilakukan dalam dua tahap yaitu pertama, peserta dipaparkan materi tentang konsep dan manfaat situs Google sebagai media pendidikan, dan tahap kedua, peserta didampingi dan dibimbing secara langsung dalam pembuatan website melalui Google Sites. Pelatihan ini dilakukan melalui kombinasi metode penyajian materi, pelatihan langsung dan penyelidikan langsung. Hasil dari kegiatan pelatihan ini, peserta pelatihan adalah seluruh perwakilan guru madrasah LP. Ma'arif Kab. Malang memahami konsep dan manfaat Google Sites serta mengetahui cara membuat dan menggunakannya sebagai sarana pembelajaran interaktif. Rekomendasi untuk pelatihan mendatang adalah mengikutsertakan lebih banyak peserta dan memantau dampak jangka panjang dari penggunaan lingkungan belajar interaktif di lingkungan pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aliyyah, Yasmin Oktaviani dan Rusi Rusmiati. 2020. “Strategi Peningkatan Mutu Guru Di Indonesia.” ‎ReseachGate 10(1):1–12.‎

Arief, Rachman. 2017. “Aplikasi Presensi Peserta didik Online Menggunakan Google Forms, Sheet, Sites, ‎Awesome Table Dan Gmail.” Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan 137–44.‎

Eka Khoirunnisa, and Denas Hasman Nugraha. 2019. “Implementasi Manajemen Humas Dalam ‎Meningkatkan Hubungan Baik Antara Sekolah Dengan Wali Peserta didik Di SD IT Harapan Bunda ‎Semarang Jawa Tengah.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1):1–23. doi: ‎‎10.54396/alfahim.v1i1.47.‎

Eliza, Delfi, Amalia Husna, Nuri Utami, and Yolanda Dwi Putri. 2022. “Studi Deskriptif Profesionalisme Guru ‎PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru Pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005.” Jurnal ‎Basicedu 6(3):4663–71. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2837.‎

Hardianto, Hardianto, and M. Rusli Baharuddin. 2019. “Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM ‎Gembrot Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahapeserta didik Pada Mata Kuliah Pembelajaran ‎Matematika Sekolah Dasar.” Cokroaminoto Journal of Primary Education. doi: ‎‎10.30605/cjpe.212019.105.‎

Jubaidah, Siti, and M. Rizki Zulkarnain. 2020. “Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika ‎Materi Pola Bilangan Smp Kelas Viii Smpn 1 Astambul.” Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan.‎

Mahyuddin. 2017. “Konsep Guru Profesional.” Prosiding Seminar Kebangsaan Profesion Perguruan : ‎Cabaran Masa Kini. 1(1):1–11.‎

Maskar, Sugama, Nicky Dwi Puspaningtyas, Clara Fatimah, and Intan Mauliya. 2021. “Catatan Daring ‎Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring.” Community ‎Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat. doi: 10.31004/cdj.v2i2.1979.‎

Mayulu, Hamdi, Endang Sawitri, Taufan Purwakusumaning Daru, and Irsan Tricahyadinata. 2022. “Volume . ‎‎18 Issue 4 ( 2022 ) Pages 750-757 INOVASI : Jurnal Ekonomi , Keuangan Dan Manajemen ISSN : 0216-‎‎7786 ( Print ) 2528-1097 ( Online ) Strategi Sukses Belajar Era Digital Di Perguruan Tinggi.” 18(4):750–57.‎

Rahmi, Dewintia, and Khasanah M. Pd. 2019. “Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Kreativitas ‎Belajar Terhadap Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan.” Akademika. doi: ‎‎10.34005/akademika.v8i01.335.‎

Sumarsih, Sumarsih. 2022. “Strategy For Implementing Online Learning In Bengkulu.” International Journal of ‎Educational Management and Innovation 3(1):95–102. doi: 10.12928/ijemi.v3i1.5698.‎

TRISONI, RIDWAL. 2016. “Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan.” ‎Ta’dib 14(2):194–202. doi: 10.31958/jt.v14i2.205.‎

Utami, Nengah Widya, and I. Gede Juliana Eka Putra. 2022. “Optimalisasi Media Pembelajaran Inovatif ‎Dalam Rangka Revolusi Pendidikan 4.0 Bagi Guru Di SMAN 1 Gianyar.” Jurnal Karya Abdi Masyarakat ‎‎6(2 SE-):212–18.‎

Venkatesh, Viswanath, and Fred D. Davis. 2000. “Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: ‎Four Longitudinal Field Studies.” Management Science 46(2):186–204. doi: ‎‎10.1287/mnsc.46.2.186.11926.‎

Waluyo, Joko. 2021. “Persepsi Peserta Pelatihan Terhadap Pemanfaatan Google Sites Dalam Pembelajaran.” ‎Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan 9(2):190–99. doi: ‎‎10.36052/andragogi.v9i2.246.‎

Widodo, W., and Heru Sriyono Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan ‎Pengetahuan Sosial. 2020. “Strategi Pemberdayaan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” ‎Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 7(1):7–12.‎

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Maulidia, Haq, R. R. ., Khoirudin, M. A. ., & Amrullah, A. M. K. . (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Ma’arif melalui Pelatihan Media Interaktif Google Sites di MINU al-Istiqamah. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 2(1), 7–14. Diambil dari https://jurnal2.maarifnumalang.id/index.php/mjemias/article/view/17

Terbitan

Bagian

Articles