Interaksi Epistemologi Bayani, Burhani, dan Irfani dengan Pendidikan Agama Islam

Tawaran Interconnected Entities

Penulis

  • Benny Afwadzi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Kata Kunci:

Epistemologi Islam, ‎interconnected entities, ‎Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai beragam problematika akibat hegemoni epistemologi bayani dan kurang mengakomodir epistemologi burhani dan irfani. Beberapa masalah yang menerpa PAI adalah melupakan realitas historis kemanusiaan, adanya truth claim, stagnasi berpikir, dan sulit bersanding teks keagamaan lainnya. Tulisan ini berkontribusi untuk menyelesaikan beberapa problem PAI tersebut dengan model berpikir interconnected entities epistemologi Islam dengan PAI. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan model kepustakaan, penulis menemukan beberapa temuan. Pertama, epistemologi bayani bersumber dari teks keagamaan (Al-Qur’an dan hadis); burhani berpijak pada rasio yang berdasar pada realitas (waqi’) alam, sosial, humaniora, dan keagamaan; dan irfani bersumber dari intuisi melalui pengalaman langsung dalam realitas spiritual keagamaan. Kedua, interconnected entities dilakukan dengan adanya kesadaran bahwa masing-masing epistemologi mempunyai kelemahan sendiri-sendiri, sehingga muncul kesediaan untuk berdialog, bekerja sama, memanfaatkan metode dan pendekatan yang digunakan oleh epistemologi lain untuk melengkapi kelemahan tersebut. Dalam konteks PAI, interconnected entities dilakukan dengan mengolaborasikan Al-Qur’an hadis, pikir, dan zikir untuk memperoleh pengetahuan. Ketiga, aplikasi interconnected entities dalam PAI menghasilkan pengetahuan yang komprehensif. Terbukti dengan contoh pengetahuan tentang fase penciptaan manusia dalam bentuk ‘alaqah yang lebih tepat dipahami sebagai zigot yang melekat dan bergantung pada dinding rahim, dan bukan segumpal darah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, M. A. (2001). Studi Agama, Normativitas atau Historisitas? Pustaka Pelajar.‎

Abdullah, M. A. (2012). Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif. Pustaka ‎Pelajar.‎

Afwadzi, B. (2019). Spider Web atau Shajarah al-‘Ilm?: Mencari Format Ideal Kajian Hadis Integratif di ‎Indonesia. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis, 7(1), 25–65. ‎https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v7i01.4527‎

Aini, N. N., & Prastowo, A. (2022). Implementasi Metode Burhani dan ‘Irfani dalam Studi Filsafat Pendidikan ‎Islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 296–302. ‎https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i2.228‎

Al-Jabiri, M. A. (2009). Bunyah al-Aql al-Arabi: Dirasah Tahliliyah Naqdiyah li Nazm al-Ma’rifah fi al-‎Tsaqafah al-Arabiyah (2nd ed.). Markaz al-Dirasat al-Wahdah al-Arabiyah.‎

Al-Syafi’i, M. bin I. (n.d.). al-Risalah. Maktabah al-Ilmiyyah.‎

Alkouatli, C. (2018). Pedagogies in becoming muslim: Contemporary insights from islamic traditions on ‎teaching, learning, and developing. Religions, 9(11), 367. https://doi.org/10.3390/rel9110367‎

Arbani, W., Nasution, K., & Hasyim, D. (2022). Epistemology of Islamic Education in the View of Muhammad ‎Sholeh Darat. Journal Research of Social, Science, Economics, and Management, 1(9), 1517–1524. ‎https://doi.org/10.36418/jrssem.v1i9.153‎

Athaillah, A. (2010). Sejarah al-Qur’an: Verifikasi tentang Otentisitas al-Qur’an. Pustaka Pelajar.‎

Fattah, A., & Afwadzi, B. (2016). Pemahaman Hadits Tarbawi Burhan Al Islam Al Zarnuji dalam Kitab Ta’lim ‎Al Muta’allim. Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, 17(2), 197–217. https://doi.org/10.18860/ua.v17i2.3831‎

Idrus, A. (2019). Epistimologi Bayani, Irfani dan Burhani. An-Nidhom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, ‎‎4(1), 30–44. https://doi.org/10.32678/annidhom.v4i1.4421‎

Isnaini, M. A., & Soleh, A. K. (2023). Analisis Epistimologi Burhani dalam Pembelajaran PAI. Raudhah Proud ‎To Be Professionals: Journal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 196–210.‎

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2016). Penciptaan Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains. ‎Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.‎

Maksudin, M., Baedhowi, B., & Yusuf, M. Y. (2018). Dialektika Pendekatan Berpikir Menuju Paradigma ‎Integrasi: Model Madzhab UIN Sunan Kalijaga, Hegel, Ken Wilber, David N. Hyerle, M. Arkoun, Al-‎Jabiry dan Agus Purwanto. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.‎

Maskuri, M. I. N. (2022). Pendekatan Bayani, Burhani dan Irfani dalam Pembentukan Mental Spiritual Siswa ‎MTs N 2 Tanggamus Lampung. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(4), 1103–1121. ‎https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2368‎

Maturidi, M. (2020). Epistemologi dan Ontologi Pendidikan Islam. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan ‎Kebudayaan, 7(2), 138–147. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v8i2.2068‎

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. ‎Universitas Indonesia Press.‎

Muborakshoeva, M. (2019). Challenges in higher education and the role of Muslim cultures and civilisations in ‎developing a new paradigm in education. Revista Espanola de Educacion Comparada, 33, 62–77. ‎https://doi.org/10.5944/reec.33.2019.22328‎

Muhammadun, M. (2019). Kritik Nalar Al-Jabiri ; Bayani, Irfani dan Burhani dalam Membangun Islamic ‎Studies Integrasi-Interkoneksi. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(2), 52–77. ‎https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.15‎

Ngindana Zulfa, L., & Himawati, U. (2019). Stagnant of Epistemological Aspect In Islamic Education Studies: ‎Critical Studies In Bayani, Burhani, And Irfani. Advances in Social Science, Education and Humanities ‎Research (ASSEHR), 140(ISCoGI 2017), 133–139. https://doi.org/10.2991/iscogi-17.2019.32‎

PS, A. M. B. K., Amrullah, M. A., Fawaid, I., & Alfaruq, M. I. (2016). Implementasi Bayani, Irfani, Burhani ‎terhadap Pendidikan Karakter dalam Sistem Pendidikan di Pesantren. El-Buhuth: Borneo Journal of ‎Islamic Studies, 5(1), 55–63. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v5i01.4100‎

Purwati, Y., & Devi, A. D. (2020). Konsep penalaran bayani, irfani dan burhani pada pembelajaran aqidah ‎ahlak dalam pendidikan islam. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), ‎‎89–97. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i2.275‎

R’boul, H. (2021). Alternative theorizing of multicultural education: an Islamic perspective on interculturality ‎and social justice. Journal for Multicultural Education, 15(2), 213–224. https://doi.org/10.1108/JME-07-‎‎2020-0073‎

Rangkuti, F. R. (2019). Implementasi Metode Tajribi, Burhani, Bayani, dan Irfani dalam Studi Filsafat ‎Pendidikan Islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 1(2), 41–52. ‎https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.787‎

Rasmuin, R. (2019). The Epistemology of Bayani, Burhani and Irfani ’Abid Al-Jabiri and its Relevance in ‎Islamic Education. Al-Ghazali: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 78–91. ‎https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/106‎

Ridlo, R. (2020). Penerapan Epistemologi Bayani dan Burhani sebagai Metode Pembelajaran. Manhajuna: ‎Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 19–37. ‎https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/manhajuna/article/view/82‎

Robbani, A. S., & Haqqy, A. M. (2021). Types of Bayani, Irfani, and Burhani Reasoning and Their Relevance ‎to Islamic Education. Islam in World Perspectives, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.26555/iwp.v1i1.5633‎

Saebani, B. A., & Akhdiyat, H. (2021). Ilmu Pendidikan Islam 1 (3rd ed.). CV Pustaka Setia.‎

Safitri, L., Manshur, F. M., & Thoyyar, H. (2022). Nurcholish Madjid on Indonesian Islamic Education: A ‎Hermeneutical Study. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 22(2), 244–259. ‎https://doi.org/10.22373/jiif.v22i2.5749‎

Samsudin, M. A. (2019). Revitalisasi Integrasi nalar bayani, ‘irfani dan burhani dalam pengembangan ‎pendidikan pesantren. JPII, 3(2), 201–206.‎

Shihab, M. Q. (2005). Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Lentera Hati.‎

Sibawaihi, S. (2022). Epistemologizing the islamic concept of resurrection in the hereafter: a comparative study ‎between al-ghazālī and fazlur Rahman. Afkar, 23(2), 275–310. ‎https://doi.org/10.22452/afkar.vol23no2.8‎

Sifa, A. N. A. (2019). Tracing the Historical Roots and the Development of Islamic Epistemology from the Early ‎to Modern Periods (A Study of Bayani, Burhani, and ‘Irfani). Proceeding of 3rd International ‎Conference on Empowering Moslem Society in the 4 . 0 Industry Era, 3, 117–128. ‎https://doi.org/10.24090/icms.2019.2380‎

Supena, I. (2015). Rekonstruksi Epistemologi Ilmu-Ilmu Keislaman. Penerbit Ombak.‎

Syarif, M. (2022). Pendekatan Bayani, Burhani dan Irfani dalam Pengembangan Hukum Islam. Jurnal Al-‎Mizan, 9(2), 169–187. https://doi.org/10.54621/jiam.v9i2.430‎

Utomo, S. T., & Mu’anayah, N. A. (2020). Epistemology of Islamic Education Al-Jabiri Perspective of the ‎Conservative-Modernist-Neo Modernist Flow and Burhani-Bayani-Irfani. International Journal Ihya’ ‎‎’Ulum Al-Din, 22(2), 162–179. https://doi.org/10.21580/ihya.22.2.5673‎

Warsah, I. (2021). Jihad and Radicalism: Epistemology of Islamic Education at Pesantren Al-Furqan in Musi ‎Rawas District. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 21(2), 152–169. https://doi.org/10.22373/jiif.v21i2.7683‎

Wijaya, A. (2017). Nalar Kritis Epistemologi Islam: Membincang Dialog Kritis Para Kritikus Muslim Al-‎Ghazali, Ibnu Rusyd, Thaha Husein, M. Abid Al-Jabiri. Kalimedia.‎

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Afwadzi, B. (2023). Interaksi Epistemologi Bayani, Burhani, dan Irfani dengan Pendidikan Agama Islam: Tawaran Interconnected Entities. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 2(1), 29–37. Diambil dari https://jurnal2.maarifnumalang.id/index.php/mjemias/article/view/18

Terbitan

Bagian

Articles