Kegiatan Fun Luhgawi Berbasis Metode Belajar Ibnu Sina

Penulis

  • Hamdi Atiqurrahman Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim
  • Nuril Mufidah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Kata Kunci:

Kegiatan fun lughawi, Metode ‎belajar Ibnu Sina

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana penerapan metode belajar Ibnu Sina dalam kegiatan fun lughawi.  Artikel ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif jenis kepustakaan(libary research). Sumber data yang digunakan berasal dari buku, jurnal, karya ilmiah, dan  lain sebagainya. Subject penelitian ini mahasiswa yang mengikuti kegiatan fun lughawi tahun 2022-2023. Hasil dari penelitian ini yaitu diantara 7 metode belajar Ibnu Sina(metode talqin, demonstrasi, keteladanan dan kebiasaan, diskusi, magang, pemberian tugas, tarhib dan targhib.) terdapat 3 metode yang di terapkan; 1. Metode talqin, musrif membacakan kosa kata terlebih dahulu dan mahasiswa mendengarkan kemudian menyebutkannya juga sehingga mahasiswa menghafal kosa kata tersebut. 2. Metode demonstrasi, mahasiswa diharuskan menggunakan kosa kata yang telah diberikan musrif sebelumnya. 3. Metode tarhib dan targhib, metode ini berupa pemberian hadiah dan hukuman, jika mahasiswa mengikuti kegiatan fun lughawi dan menampilkan penampilan yang bagus maka akan diberikan hadiah, dan jika tidak mengikuti kegiatan tersebut akan dikenai hukuman sperti menulis wirdul lathif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Darwis, M. (2013), Konsep Pendidikan Islam dalam Perpektif Ibnu Sina, Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2).‎

Hanafy, MS. ( 2014), Konsep belajar dan pembelajaran, Lentera Pendidikan: Jurnal Pendidikan Ilmu ‎Tarbiyah dan Keguruan ‎

Hanum OK, A (2022), Analisis pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun terhadap konsep Pendidikan Islam, ‎Edukasi Islam: Jurnal Ilmu Pendidikan 10(2). ‎

Nasution, H,A. (2020), Pendidikan karakter prespektif Ibnu Sina, Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 7(1).‎

Prihatini, E. (2017), Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA, Jurnal ‎Formatif 7(2).‎

Profil Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, di akses pada” https://uin-‎malang.ac.id/s/uin/profil”, pukul 6:59, 19-06-23.‎

P,S Utami & A, ghafur. (2015). Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar ‎IPS di SMP Negeri DI Kota Yogyakarta, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 02(01).‎

Rasyid, I. (2019), Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, ‎dan Guru, Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18 (1).‎

Ramdhan, M. (2021), Metode penelitian, hal 7, diakses melalui Metode Penelitian - Dr. Muhammad Ramdhan, ‎S.Pd., M.M. - Google Buku. Pukul 8:55, 19-06-23.‎

Suardi, M. (2018) belajar dan pembelajaran. Depublish. ‎https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=kQ1SDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pembelajaran+adalah+proses&ots=d_vHvVcmgU&sig=w74nuBpwgALJjlFPKl60LE88Qzk&redir_esc=y#v=onepage&q=pembelajaran%20adalah%20proses&f=false. Di akses pada 19-6-23, pukul 1:23.‎

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Atiqurrahman, H., & Mufidah, N. (2023). Kegiatan Fun Luhgawi Berbasis Metode Belajar Ibnu Sina. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 2(1), 25–28. Diambil dari https://jurnal2.maarifnumalang.id/index.php/mjemias/article/view/20

Terbitan

Bagian

Articles