Pengembangan Metode Pembelajaran PAI dengan Pendekatan ‎Teori Pemrosesan Imformasi dan Teori Neuroscience

Penulis

  • Reti Suryani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Indah Aminatuz Zuhriyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Kata Kunci:

Teori Pemrosesan Informasi, Neurosains, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran siswa dan mendeskripsikan cara berpikir siswa dalam menerima informasi dan menyimpan informasi dan mengolah informasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pendidik dalam memberikan pembelajaran di dalam kelas guna untuk memudahkan pendidik memecahkan masalah yang rumit di dalam pembelajaran PAI.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aminah Rehalat, “Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi”, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23, No. 2 ‎‎(2014).‎

Anas Suprapto,“Pengembangan Metodologi pembelajaran PAI Melalui Teori

Anis syifaul Qolbiyah, and Eka Ismaya Indra Purnamanita, “Teori Pemrosesan Informasi Neurosains dalam ‎Pengembangan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Ilmu Pendidikan 4, No.3 ‎‎(2022).‎

Baharudin, dan Esa Nur Wahyuni. (2007). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta.‎

Berbasis Pengembangan Potensi Otak Menggunakan Teori Neurosciences”, Jurnal Pendidikan Islam, 15, No. ‎‎1, (2022).‎

Citra Trisna Dewi, Nur Fitri wulandari, and Ovi Sopiya, “Neorosains Dalam Pembelajaran Agama Islam”, ‎Jurnal Pendidikan Islam, 6, No.2 (2018).‎

Ermis Suryana, Ayu Lestari, and Kasinyo Harto, “Teori Pemrosesan Dan Implikasi Dalam Pembelajaran”, ‎Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8, No. 3 (2022)‎

Hamdan Husein Batu Bara, and Asep Supena, “Educational Neuroscience Pendidikan Dasar”, Jurnal ‎Pendidikan Dasar, 9, No, 2 (2018).‎

Lalu Abdurrahman Wahid, “Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Nurasiah, “Urgensi Neuroscience Dalam Pendidikan”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol, 7, (2016).‎

Pemprosesan Informasi Dan Teori Neuroscince,” Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, No. 1 (2015).‎

Rahmi Rivalina, “Pendekatan Neurosains Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Guru ‎Pendidikan Dasar”, Jurnal Teknologi Pendidikan 8, No 1, (2020).‎

Risda, Fathia Jogi Septriwinti, and Fauziah Nasution, “Pendekatan Pemrosesan Informasi” Jurnal ‎Mudabbir, 3, No.1, (2023).‎

Subekti W Priyadharma, “Model Pemrosesan Informasi Gregory Bateson Dalam Pendekatan Sibernetis”, ‎Jurnal Manajemen Komunikasi, 4, No. 1, (2019).‎

Susanto, and Ida Royani Munfaroha, “Neurosains Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intelektual Peserta ‎Didik SD Islam Al-Azhar Bumi Serpong Damai”, Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama ‎Islam, 18, No, 2 (2020).‎

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Reti Suryani, & Zuhriyah, I. A. . (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran PAI dengan Pendekatan ‎Teori Pemrosesan Imformasi dan Teori Neuroscience. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 2(1), 15–24. Diambil dari https://jurnal2.maarifnumalang.id/index.php/mjemias/article/view/21

Terbitan

Bagian

Articles